Rabu, 02 Februari 2011

Cerita edukasi kreatif di SDN.Empang "Peta HIjau"

Kali ini kami akan bercerita tentang kegiatan edukasi kreatif komunitas sahabat kecil di SDN.Empang..nahh cerita sedikit tentang SDN.Empang..sekolah ini aga berbeda dengan SDN.Genteng..di sini,kami perlu usaha ekstra besar untuk bisa menenangkan adik2 yang memang sangat aktif dan "anak kota" ..mereka sangat terpengaruh dengan televisi,sikapnya,tindakan bullying terhadap teman2nya,sensitif terhadap lawan jenis..deket2an sedikit mulai ada suara "ciyeee..ciyeee"menggema...mereka mulai 'tega' memilih kaka pendamping yang menurut mereka keren dan menyenangkan ajaa..selebihnya mereka sangat sulit diminta TENANG... kurang lebih 4 jam bersama mereka adalah 4 jam terluarbiasa ,4 jam penuh keringat dan kesabaran..4 jam yang membuat suara habis dan emosi terkuras...belum lagi selalu ada tangisan setelah perkelahian sesama mereka...tapi semangat untuk bisa terus bersama dan menaklukan mereka juga sama besarnya sehingga alhamdullilah semua nya masi bisa terkendali..

pagi itu,saya bonny dan fandi bersama para relawan yang berjumlah 10 orang berkumpul di SDN.Empang untk bertemu adik2 kelas 5 yang berjumlah 59 adik itu..mereka sudah sangat semangat menyambut kamii...dan seperti biasa agar adik2 semangat dan fokus,kami awali kegiatan pagi itu dengan ice breaking..

siap2 ice breaking..

permainan samsons and delilah..

buatt lingkaran besar..
Setelah ice breaking,kami kemudian memulai kegiatan membuat peta hijau pagi itu dengan pembagian kelompok untuk berjelajah menyusuri llingkungan sekitar sekolah..,untuk yang ingin tau lebih jauh tentang peta hijau bisa membaca di posting tentang peta hijau SDN.Genteng..
pembagian simbol2 yang akan ditempel di peta kecil

siap2 berjelajah..

menunggu giliran untuk berangkat berjelajah

kelompok kaka dinda

mendengarkkan penjelasan ka vallent
Pembagian kelompok selesai,adik2 pun kemudian siap berjelajah ditemani kaka pendamping untuk menentukan titik2 yang akan mereka datangin,setiap kelompok bebas menentukan tempat mana yang akan mereka datangi mencari simbol2 yang sesuai dengan kartu misi yang telah dibagikan sebelumnyaaa..jadi berjelajah lah mereka ke pasar,ke jalan,ke museum..ke lingkungan2 sekitar sekolah mereka..
mulai keluar dari sekolah

diskusi bersama ka dinda..

menentukan strategi

menyusuri jalannn..

ayoo tempel stiker simbolnyaa..

mereka pun kembali ke sekolahh untuk mengisi lembar kerja serta menggambar lingkungan sekolah yang mereka idamkan dan menempel stiker icon yang lebih besar di peta yang lebih besar juga yang kemudian akan menjadi peta hijau SDN.Empang.
ayooo pilihhh simbol favoritmu..

apa yaaaa...

adik2 mulai serius..

proses menggambar dimulaii

Billy and the gang..

warna hijaunya ketebelan,tipisin pake penggaris..so creative

suasana kelas saat menggambar..
penempelan stiker sesuai dengan hasil penjelajahan di peta hijau besar

ini yang kami temui tadiii..

tetep rame...
selesainyaa peta hijau SDN.Empang ,selesai pula kegiatan kami pagi itu untuk kegiatan edukasi kreatif disanaaa...semoga adik2 jadi tau bahwa mereka juga bisa berperan besar dalam menjaga lingkungan di sekitar sekolah mereka...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar