Sabtu, 22 Januari 2011

Cerita edukasi kreatif terakhir di SDN.Genteng "Peta HIjau"

Wow..hari itu Sabtu 18,desember kami memulai lagi kegiatan edukasi kreatif kami di SDN.Genteng,kali ini untuk pertemuan minggu terakhir dengan tema 'Peta Hijau',baiklaahh kita cerita dulu tentang peta hijau,peta hijau atau greenmap memiliki ciri khusus dibanding peta yang lain yaitu memiliki simbol2 yang menarik untuk memetakan lingkungan,ini contoh sebagian simbol2nya..
inilah simbol lucu peta hijau

ini jugaaaa...;)



Melalui Peta Hijau kita bisa tau keadaan lingkungan sekitar kita itu seperti apa,apakah masih banyak sapah ataukah ada tempat yang asik untuk bermain,dan keadaan lingkungan sekitar penting untuk kita peta-kan karena sangat dekat dengan dengan kehidupan kita.
Nahh,pagi itu kaka KoSaCIl crew bersama kaka2 relawan (ka dedeh,ka elih,ka uchie,ka vinna,ka silvia,ka hamidah dan kaka2 dari Green Community UI)
menuju SDN.Genteng lebih pagi karena kebetulan hari itu sekolah memang diliburkan,jadi adik2 itu datang ke sekolah hanya untuk mengikuti kegiatan edukasi kreatif.
inilahh SDN.Genteng

sekolahnya sepii kannn?
Setelah adik2 berkumpul di sekolah,seperti biasa kami memulai kegiatan pagi itu dengan membagi kelompok dan ICE BREAKING.

ini permainan tupai,penebang dan pemburu..


ini tonji2,lala,yim2, tole2...berikut dengan gerakannya..
ayoooo adik2 gerakan tanganmuu..;)
setelah Ice breaking,adik2 diajak lagi untuk masuk ke kelas untuk sama2 belajar tentang peta hijau lebih jauh..,ada juga penjelasan tentang contoh2 peta yang lain sebagai perbandingan,seperti ada peta jalan,peta kontur,peta hasil bumi dll...
kemudian adik2 ditanya apa perbedaan mendasar antara peta2 tersebut dengan peta hijau dan sebagian spontan menjawab "SIMBOLNYAAA...." yaaa..memang simbol peta hijau yang membuatnya menarik dan unik.Setelah itu kaka pendamping menguji pemahaman adik2 dengan menanyakan arti dari setiap simbol yang ada di peta hijau.
adik2 melihat2 simbol peta hijau

ka vallent menjelaskan kepada adik2 apa itu peta hijau dan apa perbedaannya dengan peta2 yang lain,,

adik2 mulai mengingat2 simbol dan artinya..

semua ingin menjawaaabb..;)
Daaaann setelah mereka mengetahui tentang peta hijau dan mengingat simbol dan artinya,saatnya mereka SURVEI,adik2 akan memetakan lingkungan sekolahnya dengan sistem treasure hunt.
Dilapangan sekolah,setelah berkumpul dengan kelompoknya masing2,adik2 dibagikan kartu misi perkelompok  untuk kemudian mereka men-survei,mana saja tempat di lingkungan sekolah mereka yang menggambarkan simbol2 yang ada di kartu misi.

pembagian kelompok..

dibagikan kartu misi...
kelompok pertama berangkat dan menentukan strategi..


inii kann,ka awee?

kelompok ka uchie mulai berpetualang

tempeel disiniii..."kata ka uchie

kelompok ini menemukan lapangann besaarr

kelompok ka vinna,mulai beraksi..;)

mereka tersesat bukan yaaa,,?
diskusiii dulu...
kemudian setiap kelompok yang telah selesai men-survei kurang lebih 45 menit,kembali lagi ke sekolah untuk menempelkan simbol2 yang telah mereka temukan ke peta yang lebih besar.
Setiap kelompok mengisi peta besar tersebut  dengan simbol2 yang telah mereka temukan selama survei tadi,dan tak lupa mereka juga mengisi lembar kerja ,menulis apa yang mereka rasakan hari itu,apa yang akan mereka lakukan setelah tau lingkungan sekolah mereka seperti hasil survei tadi serta mereka juga menggambarkan lingkungan sekolah seperti apa yang mereka inginkan.
mulai mengerjakan lembar kerja..

apaaa yaaa gambarnyaa..

aku mau gambar kayak gini ajaa..;)

kamu jangan samaaa yaaa..;)

menempelkan simbol ke peta besar

apa aja yaa tadi yang kita temukann?

inilah peta hijau SDN.Genteng
Dan setelah peta hijau SDN.Genteng selesai disusun adik2 selesai pula-lah kegiatan kami hari itu di SDN.Genteng semoga suatu hari nanti kami bisa kembali kesana membawa ilmu yang baru untuk adik2..
adik2 bersama kaka2 pendamping...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar