Rabu, 19 Januari 2011

Cerita Lengkap Tentang Edukasi Kreatif "Dari Mana Asal Air Bersih?" (Last Part)

Setelah sampai di tempat proses pengolahan air yang terakhir, yaitu tempat disinfeksi, adik-adik ini kembali ke sekolah.

Di sini proses disinfeksi-nya.

Air bersih siap dialirkan kerumah-rumah.

Dan sebelum kembali ke sekolah untuk kenang-kenangan, adik-adik bersama kakak pendamping dan bapak-bapak dari PDAM berfoto bersama.

Ayo... senyum adik-adik :)

Panas ya, ka...

Dalam perjalanan menuju kembali ke SDN Genteng, kami sempat juga menyicipi air keran siap minum yang disediakan gratis oleh pihak PDAM. Foto-foto di sepanjang jalan dan kami diberi sekardus air mineral produksi PDAM dan satu box Roti Unyil khas Bogor untuk kakak-kakak Kosacil crew.

Ini kak Vallent dan kak Sera.

Kak Afi, kak Vallent dan kak Sera
jadi model PDAM :)

Kak Vallent bersama kak Rico.

Kakak-kakak inilah yang membuat ceria suasana setiap kegiatan edukasi keatif, mereka selalu kompak dan tersenyum ceria!
Bersama adik-adik kemudian kami kembali ke sekolah, untuk membuat penyaring air sendiri, yang terdiri dari ijuk, kerikil arang dan kapas.

Coba airnya jadi bersihh ngga, adik-adik?

Kakak Intan sedang menjelaskan dan membantu
adik-adik untuk membuat penyaring air sendiri.

Dalam membuat penyaring air sendiri, ada 2 kelompok yaitu kelompok Kancil dan Sudirman yang berhasil membuat air baku yang kotor menjadi bersih. Tepuk tangan riuh rendah dari anggota kelompok itu terdengar sangat nyaring tanda senang dan bahagia. Kelompok lain pun ikut menyemangati dan berjanji akan mencobanya di rumah, lalu mereka mengerjakan lembar kerja untuk menceritakan  apa yang mereka rasakan hari itu, apa yang telah mereka dapat dan apa yang akan mereka lakukan setelah tau bahwa air itu memerlukan perjalanan yang sangat jauh untuk bisa sampai kerumah mereka, apa yang kemudian akan mereka lakukan untuk menghargai air.

Lembar kerja adik :)
Kelompoknya kak Uchie dan kak Vina
sedang membuat lembar kerja.

kelompoknya kak Elih mengerjakan
lembar kerjanya di kelas aja.
Ini salah satu lembar kerja yang
hampir selesai dikerjakan :)
Alat-alat untuk membuat penyaring air sendiri.
Kelompoknya kak Via sedang menyusun
perjalanan si tetes air.

Kelompok Bima Sakti bersama kak Afi.

Inilah kami setelah edukasi kreatif dengan tema
"darimana asal air bersih" selesai hari itu.

Dan siang itu, diakhiri dengan kesimpulan dari adik-adik mengenai apa yang akan mereka lakukan setelah mengetahui perjalan si tetes air untuk bisa sampai kerumah mereka, adik-adik pun bubar dan bisa kembali kerumah masing-masing setelah berkegiatan bersama dengan kakak-kakak dari Komunitas Sahabat Kecil. Dan minggu berikutnya adik-adik akan kembali berkegiatan dengan tema "Kemana Air Pergi". Tunggu cerita kami selanjutnya ya! :)

2 komentar: